Cute Rocking Baby Monkey

Minggu, 08 Januari 2017

Hukum Pascal

HUKUM PASCAL




Hukum Pascal adalah hukum yang menyatakan bahwa tekanan yang dikenakan pada zat cair di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke semua arah dengan sama besar dan sama rata. Hal ini memiliki arti bahwa tekanan yang menekan wadah besarnya sama di segala tempat.
Hukum Pascal sendiri ditemukan oleh seorang ilmuwan fisika asal Prancis bernama Blaise Pascal. 



Percobaan Blaise Pascal (1623–1662)

Blaise Pascal lahir di Clermont-Ferrand, Prancis, 19 Agustus 1623. Sejak kecil, Pascal sakit-sakitan sehingga ia tidak bersekolah. Akan tetapi, ia sangat tekun belajar. Pada usia 16 tahun, Pascal telah dapat menulis buku kecil tentang kerucut. Ia sudah dapat membuat kalkulator digital pertama di dunia pada usia 18 tahun.

Pascal adalah ahli fisika, penemu hukum Pascal, alat suntik, kempa hidrolik, dan masih banyak lagi. Penemuan Pascal mengenai tekanan pada zat cair diawali dengan mempelajari percobaan Torricelli sampai pada akhirnya ditemukan hukum tekanan zat cair. Pada usia 39 tahun, Pascal wafat karena menderita penyakit kanker.

Bunyi Hukum Pascal, Contoh Soal Dan Rumus Hukum Pascal Serta Contoh Penerapan Hukum Pascal Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar: Kempa Hidrolik

Amati gambar di atas. Sebuah bejana berhubungan berisi zat cair dengan permukaan zat cair pada kedua bejana ditutup dengan pengisap. Luas bejana I = A1, sedangkan luas bejana II = A2.

Rumus Hukum Pascal

Jika pada pengisap I diberi gaya tekan F1 maka tekanan yang dihasilkan P1 = F1 : A1 menurut hukum pascal. Tekanan ini akan diteruskan melalui zat cair ke bejana II sehingga penampang bejana
II (A2) mendapat gaya tekan F2 = P1 A2 = F1 : A1 x A2
Jadi,


Keterangan :

P = tekanan yang diteruskan (N/m2)
F1 = gaya tekan pada bejana I (N)
F2 = gaya tekan pada bejana II (N)
A1 = luas penampang bejana I (m2)
A2 = luas penampang bejana II (m2)

Sumber : http://www.berpendidikan.com/2015/12/bunyi-hukum-pascal-contoh-soal-dan-rumus-hukum-pascal-serta-contoh-penerapan-hukum-pascal-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar